Sabtu, 01 Oktober 2016

Perbedaan Memori dan Prosessor Pada Komputer

KAMUSLOG – Pastinya kamu pernah mengenal yang nama memori?. Tapi tahukah anda apa memori itu?. Memori merupakan komponen dalam komputer yang berfungsi sebagai media penyimpanan informasi. Pada saat komputer dinyalakan, maka memori akan bekerja mengingat seluruh informasi yang masuk kedalam komputer.

Perbedaan Memori dan Prosessor Pada Komputer

Saat komputer dimatikan, maka seluruh informasi yang telah dimasukkan tersebut akan tersimpan dalam memori. Ada beberapa macam jenis memori misalnya, ROM dan RAM. Informasi dapat pula disimpan dalam bentuk permanen yang mirip pita rekaman, yakni dalam bentuk disket.
ROM ( Read Only Memory )
ROM merupakan salah satu memory yang hanya dapat dibaca dan tidak dapat diubah seta mempunyai sifat yang permanen atau tetap. ROM mulai berfungsi saat menghidupkan komputer. Penulisan data kedalam ROM dilakukan oleh pabrik pembuat komputer, sehingga sifatnya permanen atau tetap ada meskipun aliran listrik terputus. Ada jenis ROM yang tidak dapat dihapus datanya dan ada pula ROM yang dapat dihapus dengan menggunakan sinar ultraviolet.
RAM ( Random Acces Memory)
RAM adalah memory yang dapat dibaca dan ditulis. Data yang dibaca atau ditulis ke disket serta yang kita masukkan melalui keyboard akan disimpan dalam RAM. Sifat data yang ada dalam RAM adalah sebagai berikut :
  • Dimasukkan oleh pemakai komputer
  • Tidak permanen atau tetap, artinya data yang dimasukkan dapat diubah.

Prosessor
Prosessor adalah sebuah perangkat proses yang merupakan otak dan pusat pengendali berbagai perangkat komputer. Merk prosessor yang biasa digunakan diantaranya adalah Intel, IBM, AMD, Cyrix dan sebagainya.

Perbedaan Memori dan Prosessor Pada Komputer Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

0 komentar:

Posting Komentar