Minggu, 18 September 2016

Penjelasan Operasi Dasar Pada Operating System

KAMUSLOG - Suatu komputer dapat bekerja bila menggunakan sistem operasi. Adapun yang dimaksud dengan sistem operasi adalah sebuah sistem yang memungkinkan bagi si pemakai untuk dapat menjalankan aplikasi dan berkomunikasi dengan komputer. Operating System saat ini juga digunakan pada perangkat mobile. Berikut dua komponen yang mebangun Operating System :


Control Program
Bagian dari sistem operasi yang bertugas untuk mengontrol dan mengendalikan pelaksanaan dari processing program, mengatur data dan instruksi, menempatkan dan mencari data, serta megatur jadwal pengolahan.

Processing Program
Kumpulan program yang disediakan untuk mengolah instruksi-instruksi atau program yang diberikan kepada komputer melalui Control Program.

Sesuai dengan perkembangan program ( Software ), Operating System terdiri dari beberapa jenis, diantaranya sebagai berikut :

  1. BPS (Basic Programming Support) yaitu program yang operating sistemnya masih menggunakan kartu puch.
  2. Bos (Basic Operating System) yaitu program yang memiliki Sysres ( System Residence ) pada Magnetic Unit atau DSU ( Disk Storage Unit ).
  3. TOS (Tape Operating System ) yaitu perogram dengan Sysres nya ditempatkan pada Magnetic Tape Unit.
  4. DOS ( Disk Operating System ) yaitu program yang Sysres nya ditempatkan pada Disk Storage Unit
  5. OS (Operating System ) yaitu program dengan Sysres ditempatkan pada disk atau type dan digunakan untuk installasi-intallasi yang benar.
Keberadaan sistem operasi pada kumputer sangat penting. Tanpa sistem operasi, kalian tidak dapat menjalankan tugas-tugas dasar seperti menampilkan informasi pada komputer. Beberapa contoh sistem operasi dalam komputer adalah

Ms Dos
Singkatan dari ( Microsoft Disk Operating System ) Pemeberian nama ini karena pada mulanya digunakan bagi para pengguna yang menggunakan flopy disk.

Ms Windows
Sistem operasi yang lebih flesibel dibandingkan DOS. Windows adalah sistem operasi lengkap yang mengkoordinasikan dann mengendalikan fungsi manajemen file dan program. Dengan menggunakan windows memungkinkan kalian bekerja dengan berbagai tugas pada bersamaan. 

Penjelasan Operasi Dasar Pada Operating System Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

0 komentar:

Posting Komentar