Minggu, 18 September 2016

Manfaat dan Peranan Komputer Dalam Kehidupan Sehari-hari

KAMUSLOG - Berbagai manfaat yang dapat kalian dapatkan setelah mempelajari komputer sebagai peerangkat teknologi sungguh luar biasa. Hampir seluruh bidang aktivitas manusia sekarang ini sudah dilengkapi dengan komputer. Penggunaan komputer sudah tidak asing lagi dalam kehidupan manusia saat ini. Diperkantoran misalnya, komputer sudah menggantikan keberadaan mesin tik yang dinilai kurang praktis dan ketinggalan zaman.

Dipasar swalayan komputer sudah dimanfaatkan sebagai alat hitung. Ditempat industri komputer digunakan sebagai alat membantu mendesain produk dan pemrosesan produk sampai pada pengecekan kualitas produk yang dihasilkan. Bahkan kalau kalian pernah melihat acara-acara di televisi, beberapa pekerjaan perfileman sudah sangat tergantung pada komputer sebagai alat bantu meningkatkan kualitas suatu tayangan.

Kalian sering menyaksikan berbagai berita dilayar TV bukan? Berbagai berita penting bahkan yang bersal dari mancanegara dari seluruh dunia dapat kalian nikmati hanya dengan duduk atau berbaring didepan TV. Hal tersebut dimungkinkan karena liputan berita dan informasi saat ini dengan mudah dapat diperoleh dari internet yang bekerja dengan dasar-dasar komputer. Dengan demikian fungsi komputer sudah betul-betul terasa bagi kita semua terutama di kota-kota besar.

Penguasaan komputer sebagai perangkat teknologi dan informasi dimaksudkan demi kemudahan dan keuntungan hidup manusia. mengapa demikian? Komputer merupakan benda mati yang bekerja atas perintah manusia. Sementara manusia selain makhluk hidup juga memiliki otak yang tingkat kecerdasannya jauh lebih tinggi dari komputer. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa komputer merupakan alat untuk mempermudah pekerjaan manusia, bukan sebaliknya, manusia pusing gara-gara belum menguasai sistem kerja komputer. Komputer memang harus ditempatkan dan sekaligus dipergunakan secara tepat.

Adapun tentang keuntungan dan kerugian komputer sebagai salah satu perangkat teknologi informasi dan komunikasi sebagai berikut :

Keuntungan Komputer
  • Dapat mengerjakan perkerjaan dengan cepat dan tepat.
  • Komputer tidak kenal lelah.
  • Dapat menyimpan data dan membaca kembali untuk diolah kembali.
  • Dapat mengolah dan menyimpan data dalam jumlah besar dan untungan lainya.
Kerugian Komputer
  • Membutuhkan operator yang cakap agar dapat mengolah dan memberikan informasi yang tepat
  • Untuk membuat atau menyusun program komputer paling tidak kita harus belajar bahasa pemograman
  • Komputer sangat peka terhadap perubahan tegangan listrik sehingga terkadang data hilang dikarenakan hal tersebut serta kerugian lainnya.


Manfaat dan Peranan Komputer Dalam Kehidupan Sehari-hari Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

0 komentar:

Posting Komentar