Rabu, 21 September 2016

Pengelompokan Komputer Berdasarkan Generasinya

KAMUSLOG – Berikut ini saya akan jelaskan dan uraikan perkembangan generasi komputer hingga saat ini.

Komputer Generasi Pertama

1945 -1959 Komputer pada genarasi ini mempunyai komponen-komponen yang terbuat dar tabung hampa (vacuum tubes) sehinggga ukurannya sangat besar. Pada tahun 1945, Jhon Mauchly dan J Presper dari Universitas Pannsyvania USA membuat komputer elektronik yang diberi nama ENIAC – Eletronical Numerical Integrator and Calculator, beratnya saat itu mencapa 18 ton yang tersusun dari sekitar 18.000 tabung hampa, mesin ini mempu menyelesaikan pekerjaan dalam waktu 15 detik yang apa bila dikerjakan dengan manusia dapat menghabiskan waktu sekitar 10jam.

Komputer Generasi Kedua
1959 – 1964 Komputer generasi ini ditandai dengan penggunaan transistor sebagai komponen elektroniknya, sehingga ukuran komputer berubah menjadi lebih kecil, lebih cepat dan lebih hemat biayanya. Penggunaan transistor pada komputer dimulai sejak tahun 1956.

Komputer Generasi Ketiga
1964-1970 Komputer generasi ini sudah menggunakan IC – Integrated Circuit. Komputer ini juga menggunakan komponen yang lebih praktis dan lebih baik yakni semi konduktor yang dipadatkan dalam sebuah Chip sehingga ukuran komputer menjadi lebih kecil dari generasi sebelumnya.

Komputer Generasi Keempat
1970 – Sekarang. Komputer generasi ini sudah dilengkapi dengan teknologi LSI – Large Scale Integration yam mampu menyatukan ratusan komponen dalam sebuah Chip. Serta teknologi VLSI – Very Scale Integration yang mampu menyatukan ribuan komponen dalam sebuah chip, selain itu terdapat pula teknologi ULSI – Ultra Large Scale Integration yang membuat jutaan komponen dalam sebuah chip. Dengan demikian, komputer ini mempunyai ukuran yang sangat kecil, sebagi contoh Personal Computer yang bisa kita lihat dan gunakan dirumah-rumah atau diperkantoran.

Komputer Generasi Kelima
Komputer generasi ini merupakan komputer masa saat ini, pada generasi ini komputer lebih banyak unit pemrosesannya yang berfungsi serentak untuk menyelesaikan lebih dari satu tugas. Komputer juga seolah-olah dapat berfikir sendiri mengenai cara-cara untuk menyelesaikan sesuatu masalah tanpa memerlukan banyak bantuan manusia, lebih praktis, lebih ringan, lebih mutakhir dari segi teknologinya serta akan semakin murah, bahkanbuakan suatu yang mustahil dari segi ukuran yang dimasukkan kedalam saku baju sehingga sangat praktis untuk dibawa kemana-mana, seperti halnya smartphone saat ini.

Pengelompokan Komputer Berdasarkan Generasinya Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

0 komentar:

Posting Komentar