Rabu, 21 September 2016

Sejarah Perkembangan Komputer

KAMUSLOG – Jangan hanya bisa ngerasakan nikmatnya menggunakan komputer saat ini namun tidak tahu sejarah awal mula komputer itu berkembang. Kali ini saya akan bahas mengenai sejarah perkembangan komputer. Sejak dahulu proses pengolahan data telah dilakukan oleh manusia. 


Manusia juga menemukan alat-alat mekanik dan elektronik untuk mebantu dalam penghitungan dan pengolahan data supaya bisa mendapatkan hasil lebih cepat. Komputer yang kita temui saat ini adalah suatu evolusi panjang dari penemuan-penemuan manusia berupa alat mekanik maupun elektronik.

Saat ini komputer dan peralatan pendukungnya telah masuk dalam setiap aspek kehidupan dan pekerjaan. Komputer yang ada sekarang memiliki kemampuan yang lebih baik dari sekedar perhitungan matematik biasa. Diantaranya adalah komputer supermarket yang mampu mebaca kode barang belanjaan, sentral telephone yang menangani jutaan panggilan dan komunikasi, jaringan komputer dan internet yang menghubungkan berbagai tempat di dunia.

Penemuan komputer sudah dirintis sejak zaman kuno, yakni dengan penggunaan alat hitung yang memudahkan manusia untuk kegiatan hidup sehari-hari. Mesin selisih merupakan mesin pertama yang diguankan untuk perhitungan. Mesin selisih ini mulai dikembangkan oleh Charles Babbage abad ke 19.

Pastinya kalian tau Kalkulator bukan? Bila kalian mempunyai atau pernah menggunakan kalkulator, maka komputer dapat pula berkerja sebagai kalkulator. Komputer yang ada saat ini merupakan komputer modern yang telah banyak mengalami penyempurnaan yang sampai saat ini komputer sudah dikembangkan menjadi perangkat laptop yang sangat mudah untuk dibawa kemana-mana.Charles Babbage dianggap sebagai Bapak Komputer melalui mesin selisih yang ia temukan. Penemuan mesin selisih tersebut telah menjadi dasar bagi pengembangan perangkat komputer.


Perkembangan teknologi komputer sampai dengan sekarang sangat cepat, penemuan-penemuan baru telah banyak melahirkan teknologi baru yang menggeser kemutakhiran komputer generasi sebelumnya, komputer kini sudah mencapai generasi kelima yang banyak meberikan kemudahan bagi pemenuhan kebutuhan dan penyelesaian berbagai sistem kerja manusia.

Sejarah Perkembangan Komputer Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

0 komentar:

Posting Komentar